Yth. Para Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja Lingkup KPPN Metro

Sehubungan dengan Nota Dinas Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor ND- 182/PB/2022 tanggal 12 Juni 2022 dan Surat Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor S- 142/PB/2022 tanggal 14 Juni 2022 hal Pemberitahuan Pelaksanaan Migrasi Data Modul Pelaporan SAKTI (Modul Persediaan, Aset Tetap, dan GLP), terkait dengan pelaksanaan proses migrasi data saldo awal disampaikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Migrasi data saldo awal SAKTI dilaksanakan sebelum Kelompok Modul pelaporan khususnya Modul Persediaan, Modul Aset Tetap, dan Modul Akuntansi dan Pelaporan digunakan oleh Satuan Kerja (Satker) untuk pertama kali.
  2. Migrasi data saldo awal sebagaimana dimaksud pada angka 1 meliputi :
    1. Migrasi referensi persediaan dan data persediaan,
    2. Migrasi data aset tetap,
    3. Migrasi data buku besar neraca,
  3. Satuan kerja wajib memastikan konfigurasi Satker dan user kelompok Modul Pelaporan sudah terdaftar sebelum pelaksanaan proses migrasi data saldo awal.
  4. Migrasi data saldo awal wajib dilakukan oleh Satker yang memiliki data referensi dan saldo sebagaimana angka 2 (dua) per tanggal 31 Desember 2021.
  5. Proses migrasi data sebagaimana angka 2 (dua) baru dapat dilakukan setelah penetapan Laporan Keuangan (LK) Audited TA 2021.
  6. Proses migrasi data sebagaimana angka 2 (dua) dilakukan dengan cara interkoneksi untuk menarik data yang digunakan untuk penyusunan LK TA 2021 pada Aplikasi e-Rekon&LK ke Aplikasi
  7. Satuan kerja menggunakan Aplikasi MONSAKTI untuk memantau penyelesaian migrasi data saldo awal sebagaimana angka 6 (enam).
  8. Satuan kerja wajib melakukan verifikasi data hasil migrasi data saldo awal dan memastikan laporan-laporan SAKTI hasil migrasi sudah sama dengan laporan-laporan yang dihasilkan Aplikasi e-Rekon&LK.
  9. Satuan kerja Menuangkan hasil verifikasi dan penyandingan antara laporan-laporan SAKTI hasil migrasi data saldo awal dengan laporan-laporan dari Aplikasi e-Rekon&LK sebagaimana angka 8 (delapan) pada Berita Acara Migrasi.
  10. Satuan kerja menggunakan Aplikasi MONSAKTI untuk melakukan proses unggah berkas Berita Acara Migrasi sebagaimana angka 9 (sembilan).
  11. Langkah-langkah migrasi data saldo awal dan format Berita Acara Migrasi dituangkan dalam petunjuk teknis migrasi sebagaimana terlampir.
  12. Pelaksanaan migrasi saldo awal Modul Persediaan sudah dapat dilanjutkan oleh satuan kerja mulai tanggal 20 Juni 2021, dan waktu pelaksanaan migasi data saldo awal Modul Aset Tetap dan Modul GLP akan diinformaskan lebih lanjut.

Petunjuk Teknis Migrasi Saldo Awal Sakti dapat diunduh di https://linktr.ee/migrasisaldoawal2022

 

S-291/KPN.0802/2022 LAMPIRAN

251 kali dilihat, 46 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *