Kemenkeu – Direktorat Jenderal Anggaran, 9 Juli 2021 – Pendaftaran Olimpiade APBN 2021 telah resmi dibuka pada tanggal 6 Juli- 4 September 2021. Kegiatan yang telah memasuki tahun ke-4 ini adalah salah satu forum generasi muda untuk membuktikan diri sekaligus belajar bagaimana #UangKita dikelola dalam rangka menjalankan roda ekonomi Indonesia. Olimpiade APBN adalah sebuah kompetisi berskala nasional untuk pelajar dari SMA/MA/SMK/Sederajat atau Program Paket C yang ada di Indonesia.

Peserta yang boleh ikut serta adalah siswa/i aktif pada tahun pelajaran 2021/2022. Dengan memperlombakan materi terkait APBN, proses belajar dan tahap seleksinya dilakukan dengan metode daring. Hal itu dilakukan untuk menekan biaya dan dapat menjangkau seluruh wilayah di Indonesia. Pada edisi terakhir, keluar sebagai juara adalah SMAN 1 Sleman Yogyakarta setelah mengalahkan 3.496 tim.

Pada tahun ini mengusung tema Muda Membangun Bangsa sebagai tema utama Olimpiade APBN 2021. Pada masa kini, generasi muda memiliki peran penting dalam pemulihan ekonomi nasional melalui berbagai kegiatan positif. Di masa extraordinary ini, olimpiade APBN 2021 tetap dilaksanakan agar kita generasi muda ikut memahami peran APBN dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat hingga menjaga perputaran ekonomi Indonesia tidak hanya saat ini tapi sampai di masa depan nanti.

Yuk! jadikan kegiatan Olimpiade APBN sebagai wadah untuk belajar memahami pengelolaan keuangan negara sebagai bekal di masa depan demi #IndonesiaMaju!

Siapa yang disini tidak sabar menanti perlehatan Olimpiade Tokyo tahun ini? Menurut #SobatAnggaran , akan berapa banyak medali yang bisa dibawa atlet-atlet  Indonesia tahun ini? Semoga olimpiade tahun ini, kontingen Indonesia sukses dalam kompetisi tersebut.

Berbicara tentang olimpiade, tahun ini Kementerian Keuangan mengadakan Olimpiade APBN 2021 bagi para pelajar SMA/SMK/Sederajat tingkat nasional. Kegiatan yang telah memasuki tahun ke-4 ini adalah salah satu forum generasi muda untuk membuktikan diri sekaligus belajar bagaimana #UangKita dikelola dalam rangka menjalankan roda ekonomi Indonesia. Mengusung tema, Muda Membangun Bangsa, kita mengajak teman-teman untuk mengikuti perlombaan ini ya. Perlombaan ini tidak dipungut biaya.

Lalu bagaimana syarat untuk mengikuti lomba ini?

  1. Pendaftaran dalam bentuk Tim yang terdiri dari “3 (tiga) orang siswa” di dalamnya.
  2. Satu sekolah hanya dapat mendaftarkan maksimal sebanyak “5 (lima) Tim”.
  3. Satu sekolah harus menunjuk satu orang guru pendamping dari sekolah untuk semua Tim yang dikirimkan.
  4. Calon peserta menyiapkan scan Kartu Pelajar/Surat Rekomendasi Kepala Sekolah sebagai bukti bahwa calon peserta benar-benar merupakan siswa dari sekolah yang bersangkutan.
  5. Peserta wajib mengunduh format twibbon Olimpiade APBN dan mengunggah di akun Instagram masing-masing. Twibbon dapat diunduh di sini.
  6. Screenshot unggahan Twibbon sebagai bukti untuk melengkapi syarat pendaftaran.

Pendaftar berasal dari seluruh wilayah di Indonesia, dan dibagi menjadi empat region yaitu:

REGIONAL 1

Untuk daerah Aceh, Sumatra Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Barat, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Sumatra Selatan, Bengkulu, dan Lampung.

REGIONAL 2

Untuk daerah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, dan Bali.

REGIONAL 3

Untuk daerah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

REGIONAL 4

Untuk daerah Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Untuk pendaftaran dapat melalui tautan klc2.kemenkeu.go.id/olimpiade_apbn dan pastikan persiapankan segala kelengkapan pendaftarannya ya. Bentuk tim terkuat kalian dan semoga punya kesempatan untuk bertemu dan berdialog dengan Ibu Menteri Keuangan di final. Selamat belajar dan bertanding.

Olimpiade APBN 2021 – Muda Membangun Bangsa!

Penulis: Kandha Aditya

499 kali dilihat, 9 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Norma Waktu Pelayanan
Norma Waktu Pelayanan
Link Pelayanan Online
omspan
hai-djpbn
e-rekon2016
setor pnbp online
setor pajak online
Download Buku KPPN Metro Siap WBBM
Download Buku KPPN Metro Siap WBBM
Data Kunjungan
  • 222
  • 38.788
  • 168.407
  • 2.729.297
  • 10.312.067
  • 4.565.927
  • 27 Oktober 2021