Link Pelayanan Online
omspan
e-rekon2016
hai-djpbn
setor pajak online
setor pnbp online
#SadarAPBN
#SadarAPBN
Link Tautan
Data Kunjungan
  • 4.880
  • 23.806
  • 97.009
  • 204.218
  • 204.218
  • 68.951
  • 20 Februari 2018

Bogor, 06/12/2017 Kemenkeu – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan penghargaan dan rasa terima kasih setinggi-tingginya atas dukungan Presiden dan Wakil presiden, seluruh Menteri Kabinet Kerja dan para Pimpinan Daerah.

Hal ini disampaikanya dalam pidato laporannya pada acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2018 serta Anugerah “Dana Rakca” Tahun 2017 di Istana Kepresidenan Bogor pada Rabu (06/12).

Dokumen DIPA Tahun 2018 diserahkan oleh Presiden Republik Indonesia selaku pemegang kekuasaan pengelolaan keuangan negara kepada para Menteri, Pimpinan Lembaga selaku Pengguna Anggaran, Menteri Keuangan sebagai Bendahara Umum Negara, dan para Gubernur yang merupakan wakil pemerintah pusat di daerah.

“Penetapan DIPA Tahun 2018 merupakan dokumen final untuk alokasi anggaran bagi Kementerian dan Lembaga untuk memulai seluruh program dan kegiatan pembangunan yang telah direncanakan untuk tahun 2018. Selain itu pemberian Anugrah Dana Rakca pada hari ini juga merupakan penganugerahan kepada pemerintah daerah yang dinilai memiliki kinerja yang baik pada tahun sebelumnya untuk mendapatkan reward atau hadiah dalam bentuk dana insentif daerah pada tahun 2018,” ungkap Menkeu.

Percepatan proses administrasi penyelesaian dan penyampaian DIPA Tahun 2018 dilakukan sebelum tahun berjalan dimulai. Hal ini bermakna Pemerintah menginginkan akselerasi pelaksanaan pembangunan dan pencairan anggaran di pusat dan daerah, sehingga dapat memberikan manfaat nyata kepada seluruh rakyat Indonesia.

“Undang-Undang APBN tahun 2018 telah disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat pada akhir 2017 dan telah digunakan sehingga siap dilaksanakan oleh pemerintah. APBN tahun 2018 bertema Pemantapan Pengelolaan Fiskal untuk Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Berkeadilan. Dengan tema tersebut adalah sesuai dan menunjang tema Rencana Kerja Pemerintah yaitu Memacu Investasi dan Infrastruktur untuk Pertumbuhan dan Pemerataan” ujar Menkeu.

Pada kegiatan ini, Presiden Joko Widodo meminta kepada seluruh Menteri, Pimpinan Lembaga maupun Kepala Daerah untuk terus melakukan penyederhanaan dalam hal pelaksanaan APBN dan berorientasi kepada hasil.

“Belanja negara tahun 2018 mencapai 2.220,7 Triliun Rupiah. Ini angka yang sangat besar. Oleh sebab itu harus kita jaga bersama-sama, baik dari sisi perencanaan, baik dari sisi penganggaran maupun nantinya di dalam implementasi pelaksanaannya,” pesan Presiden. (ip/rsa)

Sumber :

https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/presiden-serahkan-dipa-apbn-2018/

105 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*