Yth. Para Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja

Dalam Lingkup Wilayah Pembayaran KPPN Metro

Di tempat

            Menunjuk Surat Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Nomor : S-733/PB.6/2017 tanggal 18 Januari 2017 hal tersebut pada pokok surat di atas, dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Dalam penggunaannya di lapangan, masih ditemukan adanya kekurangsempurnaan pada Aplikasi SIMAK-BMN Satker versi 16.1 sehingga diperlukan perbaikan lebih lanjut atas aplikasi tersebut;
  2. Terkait dengan poin nomor 1 tersebut di atas, telah disediakan update Aplikasi SIMAK-BMN tingkat Satker versi 16.1.2 yang mencakup perbaikan atas beberapa permasalahan sebagai berikut :
    • Pergesaran saldo akumulasi aset tetap yang dihentikan dari penggunaan setelah dilakukan update;
    • Pergeseran saldo tahun 2015 Audited setelah dilakukan koreksi penyusutan;
    • Munculnya jurnal koreksi penyusutan pada bulan Desember 2016 dengan kode transaksi 401 (penghentian BMN dari penggunaan) yang tidak tepat;
    • Transaksi reklasifikasi keluar pada semester I tahun 2016 yang menghasilkan jurnal beban penyusutan di sisi kredit;
    • Transaksi pengembangan melalui KDP atas aset ekstrakomptabel yang menghasilkan jurnal dengan uraian NULL;
    • Munculnya jurnal dengan uraian NULL untuk kode transaksi Q16 pada bulan Desember 2016.
  3. Update Aplikasi SIMAK-BMN tingkat Satker versi 16.1.2 ini hanya khusus bagi satker yang mengalami permasalahan sebagaimana poin nomor 2 tersebut di atas;
  4. Bagi satker yang melakukan update Aplikasi SIMAK-BMN tingkat Satker versi 16.1.2 ini wajib melakukan pengiriman ADK ulang bulan Januari sampai dengan Desember 2016 ke Aplikasi SAIBA;
  5. Bagi satker yang melakukan update Aplikasi SIMAK-BMN tingkat Satker versi 16.1.2 ini dan telah melakukan rekonsiliasi dengan KPPN melalui e-Rekon, agar melakukan pengunggahan ulang ADK SAIBA ke aplikasi e-Rekon&LK dalam rangka pemutakhiran data LKKL Tahun 2016;
  6. Bagi satker yang tidak mengalami permasalahan sebagaimana dimaksud dalam poin nomor 2, tetap menggunakan Aplikasi SIMAK-BMN versi 16.1 (tidak perlu melakukan update versi 16.1.2) dalam rangka penyusunan LKKL Tahun 2016 Unaudited dan tidak perlu mengunggah ulang ADK SAIBA ke Aplikasi e-Rekon&LK;
  7. Dalam hal masih ditemukan permasalahan dalam penggunaan update Aplikasi SIMAK-BMN tingkat Satker versi 16.1.2, Saudara dapat menyampaikan permasalahn tersebut ke HAI DJPBN dengan alamat http://www.hai.djpbn.kemenkeu.go.id.

      Demikian disampaikan untuk dipedomani, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Download S-120

Download SIMAK 16.1.2 (via Google Drive)

Download SIMAK 16.1.2 (via Dropbox)

Petunjuk Teknis terkait Solusi Permasalahan pada Aplikasi SIMAK-BMN Tingkat Satker Versi 16.1 dan Versi 16.1.2

No

Permasalahan Aplikasi Versi 16.1

Versi 16.1.2

Alternatif Solusi

1Saldo akumulasi aset tetap yang dihentikan dari penggunaan bergeser setelah dilakukan update aplikasi.Telah diperbaikiPermasalahan ini akan teratasi dengan melakukan update aplikasi dari versi 16.1 ke versi 16.1.2.
2Bagi satker yang memiliki transaksi penghentian BMN dari penggunaan (kode transaksi 401) selama tahun 2016 akan muncul jurnal dengan kode transaksi 401 pada Bulan Desember 2016.Jurnal tersebut timbul karena adanya koreksi penyusutan transaksional atas transaksi penghentian BMN di tahun 2016, namun jurnal yang terbentuk belum tepatTelah diperbaikiLakukan kirim ulang ADK dari Aplikasi SIMAK-BMN versi 16.1.2 ke Aplikasi SAIBA.
3Menu Transaksi >> Pengembangan KDP (khususnya untuk aset ekstrakomptabel) menyebabkan munculnya jurnal dengan uraian NULL.

Hal ini mengakibatkan sebagian jurnal dari Aplikasi SIMAK-BMN tidak terkirim ke Aplikasi SAIBA

Telah diperbaikiLakukan kirim ulang ADK dari Aplikasi SIMAK-BMN versi 16.1.2 ke Aplikasi SAIBA.
4Menu Utiliity >> Pengiriman ke UAKPA

Terdapat jurnal dengan uraian NULL (kode transaksi Q16) pada bulan Desember 2016

Telah diperbaikiLakukan kirim ulang ADK dari Aplikasi SIMAK-BMN versi 16.1.2 ke Aplikasi SAIBA.
5Menu Utility >> Pengiriman Ke UAKPA

Transaksi 304 (Reklasifikasi Keluar) pada semester I tahun 2016 menghasilkan beban penyusutan di sisi kredit. Seharusnya beban penyusutan tidak terbentuk untuk transaksi tersebut.

Telah diperbaikiLakukan ubah simpan transaksi reklasifikasi keluar pada semester I tahun 2016 dan lakukan kirim ulang ADK dari Aplikasi SIMAK-BMN versi 16.1.2 ke Aplikasi SAIBA.
6Menu pengiriman ADK ke KPKNL tidak dapat dilakukan, meskipun sudah dilakukan penyusutan.

Muncul notifikasi bahwa pada semester yang bersangkutan belum dilakukan penyusutan.Hal ini terjadi apabila satker tersebut memiliki pembantu satker. Satker tidak dapat melakukan pengiriman ADK karena penyusutan aset bagi pembantu satker harus dilakukan di pembantu satker, sedangkan proses normalisasi ATB dan amortisasi pertama kali harus dilakukan di satker.

Masih terjadiHal ini bukan merupakan permasalahan pada aplikasi, karena penyusutan reguler harus dilakukan oleh pembantu satker.Untuk menghindari terjadinya pengiriman ADK dari pembantu satker ke satker berulang kali, hal ini dapat diatasi dengan langkah sebagai berikut:

1) Satker melakukan normalisasi ATB dan amortisasi pertama kali menggunakan user satker.

2) Menggunakan database yang sama, satker log in menggunakan user masing-masing pembantu satker dan melakukan penyusutan reguler.

3) Satker melakukan pengiriman ADK ke UAKPA.

4) Satker melakukan backup data untuk masing-masing pembantu satker.

5) Satker menyampaikan backup data ke masing-masing pembantu satker untuk dilakukan restore.

7Saldo tahun 2015 audited mengalami pergeseran setelah dilakukan koreksi penyusutan.

Hal ini terjadi pada beberapa satker tertentu

Masih terjadi1) Satker agar memastikan kembali bahwa saldo per 31 Desember 2015 tidak mengalami pergeseran setelah dilakukan update aplikasi.

2) Dalam hal masih terjadi, hal ini dapat diatasi dengan melakukan update dari aplikasi versi 15.1.4 langsung ke versi 16.1.2. (dengan cara restore data backup sebelum terjadi pergeseran/backup versi 15.1.4).

8Menu Utility >> Normalisasi

Terdapat BMN dengan tahun perolehan kurang dari 1900, yang tidak memiliki tanggal perolehan dan tanggal buku. Ketika dilakukan normalisasi, tidak muncul formulir pengisian tahun perolehan.Hal ini mengakibatkan proses normalisasi terhenti, dan proses koreksi penyusutan reguler semester 2 tidak dapat dilakukan. Hal ini hanya terjadi pada satker tertentu.

Masih terjadiBagi satker yang mengalami permasalahan ini agar melakukan koordinasi dengan unit akuntansi di atasnya atau dengan Pembina K/L di DJPB atau DJKN.
9Terdapat Aset Tetap Renovasi (ATR) yang telah dilakukan penghapusan pada tahun 2014 (sebelum tahun 2016), namun terbentuk penyusutan transaksional pada bulan Desember 2016.Hal ini mengakibatkan timbulnya nilai buku minus.Masih terjadi1) Satker agar melakukan penelusuran pada History BMN untuk memperoleh nilai sebagai dasar melakukan penjurnalan manual pada Aplikasi SAIBA.

2) Satker dapat melakukan koordinasi dengan unit akuntansi di atasnya atau dengan Pembina K/L di DJPB atau DJKN.

 

181 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Link Pelayanan Online
hai-djpbn
setor pajak online
e-rekon2016
setor pnbp online
omspan
Data Kunjungan
  • 1.475
  • 25.086
  • 110.179
  • 462.561
  • 462.561
  • 146.278
  • 25 April 2018