Link Pelayanan Online
omspan
e-rekon2016
hai-djpbn
setor pajak online
setor pnbp online
#SadarAPBN
#SadarAPBN
Link Tautan
Data Kunjungan
  • 187
  • 25.562
  • 102.672
  • 219.338
  • 219.338
  • 73.253
  • 20 Februari 2018

Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor 31/PB/2016 tentang Tata Cara Pembayaran Penghasilan Bagi Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri yang Dibebankan Pada APBN pada Satuan Kerja Lingkup Pembayaran KPPN Metro. Diperlukan adanya suatu sosialisasi untuk meningkatkan Kinerja Kementerian/Lembaga dalam mengelola tata cara pembayaran penghasilan bagi PPNPN serta mengelola rekening milik K/L untuk Satker wilayah pembayaran KPPN Metro.

Tujuan kegiatan Sosialisasi Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor 31/PB/2016 tentang Tata Cara Pembayaran Penghasilan Bagi Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri yang Dibebankan Pada APBN pada Satuan Kerja Lingkup Pembayaran KPPN di Lingkup Pembayaran KPPN Metro adalah:

  1. Untuk meningkatkan pemahaman satker atas pentingnya tata cara pembayaran penghasilan PPNPN;
  2. Meningkatkan kelengkapan dokumen baik dalam kualitas maupun kuantitas dalam pembayaran penghasilan PPNPN;
  3. Meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan performa kinerja Satker dalam pembayaran penghasilan PPNPN;
  4. Mengoptimalkan peran Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Metro dalam pemberian pedoman dan standar, sosialisasi, supervisi, dan bimbingan teknis serta asistensi.

Susunan Materi

Acara seremonial dan pembukaan oleh Kepala KPPN Metro Bapak Tri Tenggo Sukmono, yang pokok bahasannya adalah:

  1. Pentingnya pengetahuan tentang tata cara pembayaran penghasilan bagi Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri yang dibebankan pada APBN untuk petugas keuangan Satker;
  2. Memaksimalkan website KPPN Metro terkait informasi dan peraturan terbaru;
  3. Pelayanan pada KPPN Metro yang bebas biaya dan anti gratifikasi.

Materi Modul capaian output oleh Kepala Seksi MSKI Bapak Mangisi R. Oktonius dan Pelaksana Seksi MSKI Dory S.W. Prabowo pada hari pertama sosialisasi. Untuk hari kedua disampaikan oleh Kepala Seksi Vera Bapak Niko dan Pelaksana Seksi Vera Saudari Niken Agustin

Pembahasan yang disampaikan adalah sebagai berikut :

  • Materi mengenai modul capaian output pada aplikasi SAS dan SAIBA.
  • Materi lain yang berkaitan yakni pengajuan SPM LS Uang Makan melalui rekening bendahara yang seharusnya tidak dilakukan kecuali dengan alasan yang jelas dan dapat diterima.

Materi Tata Cara Pembayaran Penghasilan Bagi Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri yang Dibebankan Pada APBN oleh Kepala Seksi Pencairan Dana Bapak Waluyo, dan Pelaksana Seksi Pencairan Dana Saudara Eko B. Purnomo :

 

  • Ringkasan/Review PER-31/PB/2016 tentang Tata Cara Pembayaran Penghasilan Bagi Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri yang Dibebankan Pada APBN.
  • Materi tata cara pemotongan iuran BPJS pada PPNPN.
  • Praktek tata cara pembayaran penghasilan pada aplikasi SAS.

 

Materi program jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang disampaikan oleh Kepala Unit Pemasaran BPJS Metro Bapak Agung A. Putra

Pembahasan yang disampaikan adalah sebagai berikut :

  • Sistem atau tata cara pemotongan iuran BPJS baik pribadi maupun oleh pemberi kerja.
  • Tata cara kepesertaan BPJS.
  • Jenis-jenis pelayanan kesehatan yang diberikan BPJS.

Setelah kegiatan sosialisasi berlangsung terdapat penyerahan penghargaan kepada satker lingkup KPPN Metro yang memiliki kinerja terbaik dalam tiga kategori yakni pelaksanaan anggaran terbaik, pertanggung jawaban terbaik, dan komunikasi terbaik. Secara berturut-turut pemegang gelar satker terbaik dalam setiap kategori tersebut diatas adalah Kejaksaan Negeri Gunung Sugih, BPS Kota Metro, dan Kejaksaaan Negeri Sukadana.

IMG_9240 (Small)

Dengan demikian, hasil yang diharapkan akan dicapai dengan kegiatan Sosialisasi ini adalah peningkatan pemahaman satker dalam tata cara pembayaran penghasilan pegawai pemerintah non pegawai negeri. Serta diharapkan juga peningkatan kinerja pelaksanaan anggaran kementerian/lembaga agar metode pembayaran atas penghasilan pegawai pemerintah secara keseluruhan menjadi lebih baik. Selain itu diharapkan juga dengan meningkatnya kinerja seluruh satker dengan hadirnya modul isian capaian output pada aplikasi SAS dan SAIBA dengan pola realisasi output yang  sesuai dengan realisasi anggaran atau bahkan lebih baik lagi. Diharapkan pula seluruh peserta paham mengenai tata cara iuran pemotongan BPJS, kepesertaan BPJS, dan jenis-jenis pelayanan kesehatan yang diberikan BPJS.

74 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*