Link Pelayanan Online
omspan
e-rekon2016
hai-djpbn
setor pajak online
setor pnbp online
#SadarAPBN
#SadarAPBN
Link Tautan
Data Kunjungan
  • 446
  • 26.391
  • 101.441
  • 220.951
  • 220.951
  • 73.818
  • 20 Februari 2018

Kompetisi untuk meningkatkan kompetensi

KPPN Metro Award Semester I 2016

Sebuah persaingan pada alam liar bermakna bertahan hidup dengan cara menyingkirkan atau mengalahkan yang lainnya demi mencapai suatu sumber yang sama-sama dibutuhkan dan diinginkan. Kompetisi dapat berakibat positif atau negatif bagi salah satu pihak yang berkompetisi, bahkan dapat juga berakibat negatif bagi keduanya. Kompetisi tidak selalu salah dan diperlukan dalam ekosistem, untuk menunjang daya dukung lingkungan dengan mengurangi ledakan populasi makhluk hidup yang berkompetisi.

Manusia, sebagai makhluk yang berjalan di dunia yang beradab, tentu memiliki pemahaman yang berbeda atas arti kompetisi.

Kompetisi bisa dianggap sebagai suatu cara untuk meraih posisi yang dianggap menguntungkan, membanggakan, atau sekedar menyenangkan.

Dalam konteks dasarnya harus ada salah satu pihak, atau keduanya, yang dirugikan dalam suatu kompetisi, tetapi saat ini kompetisi dapat menguntungkan pihak-pihak yang berkompetisi.

Kenapa?

Dengan persaingan atau kompetisi, pihak-pihak yang beradu akan berusaha sebaik-baiknya untuk menambah kemampuannya, memperbaiki keahliannya, mengembangkan keterampilanny, dan meningkatkan kompetensinya.

Menggunakan embel-embel award sebagai ajang kompetisi, sebagai ajang penghargaan yang bisa meningkatkan gengsi penyandang pemenangnya serta agar pihak yang belum memperoleh penghargaan tersebut dapat terdorong dan terpacu lebih baik dalam meningkatkan kompetensinya, maka KPPN Metro menelurkan sebuah gagasan, dan gagasan tersebut tertuang dalam bentuk KPPN Metro Award 2016, yang rencananya akan dilakukan tiap semester.

Kompetisi yang berjuluk KPPN Metro Award 2016 tersebut memiliki tiga kategori penilaian. Yang dinilai oleh pihak KPPN Metro ialah seluruh satker mitra kerja KPPN Metro yang memiliki DIPA pada Tahun Anggaran 2016.

Tiga kategori tersebut adalah:

  1. Kategori Pelaksanaan Anggaran, menilai kinerja satker dalam hal persentase realisasi penyerapan anggaran, persentase jumlah SPM yang diretur oleh bank operasional, persentase pengembalian SPM, persentase koreksi SPM, ketepatan penyampaian SPM Gaji Induk, dan ketepatan penyampaian RPD Harian
  2. Kategori Pertangung jawaban anggaran, menilai kinerja satker dalam hal ketepatan penyampaian LPJ bendahara, ketepatan pelaksanaan rekonsiliasi laporan keuangan, dan ketepatan pelaksanaan rekonsiliasi saldo rekening.
  3. Kategori Komunikasi, menilai kinerja satker dalam hal efektifitas komunikasi antara KPPN Metro dengan dengan satker melalui berbagai media yakni komunikasi langsung dengan petugas KPPN, surat, telepon, faksimile, e-mail, dan website.

dan hasilnya adalah

Satker terbaik untuk kategori pelaksanaan anggaran adalah Kejaksaaan Negeri Gunung Sugih

Satker terbaik untuk kategori pertanggung jawaban anggaran adalah BPS Kota Metro

Satker terbaik untuk kategori komunikasi adalah Kejaksaaan Negeri Sukadana

IMG_20160809_155201 (Small)

IMG_20160809_142257 (Small)

diharapkan hasil yang telah diperoleh bisa dipertahankan bagi satker yang telah menjuarai kategori masing-masing, dan bagi satker yang belum memperoleh penghargaan, agar terus meningkatkan kualitas atas performa kerja nya.

Kegiatan penghargaan ini adalah suatu bentuk kompetisi yang mana pihak yang saling bersaing akan memperoleh hasil yang positif, yakni peningkatan kualitas pelaksanaan anggaran, pertanggung jawaban anggaran, serta komunikasi.

Dengan peningkatan kualitas tersebut diharapakan tingkat kepatuhan dan kepuasan pengguna layanan KPPN Metro akan meningkat secara signifikan. Hal ini sejalan dengan arahan Direktur Jenderal Perbendaharaan yang tertuang dalam surat S-3473/PB/2016 tanggal 22 April 2016 dalam hal Apresiasi Hasil Survey Kepuasan Pengguna Layanan Kementerian Keuangan Tahun 2015 dan Langkah-langkah Peningkatan Kinerja Layanan Tahun 2016.

 

 

Publikasi Subbagian Umum KPPN Metro, September 2016

45 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*