Link Pelayanan Online
omspan
e-rekon2016
hai-djpbn
setor pajak online
setor pnbp online
#SadarAPBN
#SadarAPBN
Link Tautan
Traffic Web

Pages

Pages|Hits |Unique

  • 24 jam terakhir: 0
  • 7 hari terakhir: 0
  • Bulan ini: 0
  • Sedang online: 0

Apa itu Sakti?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Sakti ialah mampu (kuasa) berbuat sesuatu yang melampaui kodrat alam, keramat, dan mempunyai kuasa gaib. Tapi bukan itu hal yang kita bahas, sakti adalah suatu akronim.
Sakti, Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi,adalah aplikasi yang dibangun guna mendukung implementasi Sistem Perbendaharaandan Anggaran Negara (SPAN).

SAKTI adalah gabungan dari beberapa aplikasi yang telah digunakan pada tingkat satker saat ini.Selain menggabungkan beberapa aplikasi yang dahulunya terpisah-pisah juga mengadopsi proses bisnis yang baru sesuai dengan proses bisnis yang dianut oleh SPAN. Berikut beberapa modul yang ada di SAKTI : (1). Modul Penganggaran, (2). Modul Komitmen, (3). Modul Pembayaran, (4). Modul Bendahara, (5). Modul Persediaan, (6). Modul Aset Tetap, (7). Modul Pelaporan, dan (8). Modul Administrator. Modul-modul tersebut mengakses satu database bersama, sehingga tidak lagi terjadi duplikasi data seperti pada aplikasi sekarang.

Jadi apa kelebihan SAKTI dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi yang akan digantikannya?

1. Integrasi Database, database aplikasi SAKTI digunakan oleh seluruh modul dan berbagai level user SAKTI
2. Kemudahan Akses Komunikasi, satker tidak perlu datang ke KPPN dengan kemudahan yang ditawarkan SAKTI dan SPAN, yang dihubingkan oleh Portal SPAN dan SMS Gateway
3. User Friendly, SAKTI dirancang untuk mudah pengoperasiannya
4. Keamanan Data, pengguna SAKTI diberikan kemanan dari sisi kerahasiaan, keaslian dan integritas data.
5. Single Entry Point, satu kali input data maka akan terintegrasi dengan keseluruhan modul terkait.

Terdapat 3 Model Aplikasi SAKTI, yaitu stand alone, multi user, dan online, yang akan disesuaikan dengan infrastruktur, kompleksitas transaksi, SDM, ataupun Sumber daya lainnya
Model-jaringan-SAKTI
Stand alone akan menggunakan satu PC/laptop yang diinstal aplikasi SAKTI, sehingga seluruh modul aplikasi SAKTI diakses melalui database di satu PC/laptop tersebut saja. Dipergunakan untuk satker kecil/terpencil

Multi User akan menggunakan beberapa komputer yang terinstal SAKTI yang terhubung dengan jaringan lokal (LAN) dengan salah satu PC menjadi server nya. Digunakan untuk satker dengan banyak ruang kantor dan user SAKTI.

Model Online akan dipakai dengan satker yang memiliki jaringan intranet/WAN dengan database di kantor pusat masing-masin atau ditentukan lain. Sehingga akan terhubung luas secara nasional.

 

KPPN Metro, sebagai bagian dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan, direncanakan akan menggunakan model online. Dengan database yang akan diletakkan di Pusintek Sekreteriat Jenderal Kementerian Keuangan. Piloting SAKTI pada Direktorat Jenderal Perbendaharaan direncanakan dimulai pada Agustus 2016, diharapkan dengan piloting ini aplikasi SAKTI semakin mantap dan matang untuk memudahkan proses bisnis perbendaharaan untuk satker seluruh Indonesia.

608 Total Views 2 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*