Link Pelayanan Online
omspan
e-rekon2016
hai-djpbn
setor pajak online
setor pnbp online
#SadarAPBN
#SadarAPBN
Link Tautan
Traffic Web

Pages

Pages|Hits |Unique

  • 24 jam terakhir: 0
  • 7 hari terakhir: 0
  • Bulan ini: 0
  • Sedang online: 0

Yth. Para Kuasa Pengguna Anggaran mitra kerja KPPN Metro

Di tempat

 

Menunjuk Surat Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor : S-1480/PB/2016 tanggal 19 Februari 2016 hal Langkah-langkah Strategis Kanwil DJPBN dan KPPN dalam rangka Pelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2016 dan menegaskan kembali Surat Kepala KPPN Metro Nomor : S-008/WPB.08/KP.12650/2016 tanggal 4 Januari 2016 hal Pedoman Langkah-langkah Percepatan Realisasi pada Awal Tahun Anggaran 2016, dengan ini disampaikan langkah-langkah untuk dapat dipedomani satker antara lain sebagai berikut :

  1. Perencanaan
    1. Teliti kembali DIPA Petikan yang telah diterima dan pastikan tidak terdapat kesalahan administratif yang menghambat pencairan dana. Dalam hal terdapat kesalahan administratif, segera ajukan Revisi DIPA dengan berpedoman pada PMK Nomor : 15/PMK.02/2016 tentang Tata Cara Revisi Anggaran Tahun 2016.
    2. Bagi satker yang pada DIPA Petikan masih terdapat blokir anggaran atau catatan pada halaman IV DIPA agar segera menyelesaikan hal tersebut dengan cara :
      • Melengkapi data pendukung yang diperlukan atau dipersyaratkan dan menyampaikannya ke Unit Eselon I;
      • Menyampaikan kepada Unit Eselon I dalam hal blokir anggaran/catatan di halaman IV DIPA menjadi kewajiban Eselon I untuk menyelesaikan.
    3. Pengadaan Barang dan Jasa

Bagi Satker yang memiliki alokasi Belanja Modal dan/atau memiliki pekerjaan dengan nilai paket sampai dengan Rp. 200.000.000,- (dua ratus juta rupiah) agar :

  1. Melakukan percepatan proses pengadaan barang/jasa sesuai ketentuan;
  2. Segera mendaftarkan kontrak ke KPPN paling lambat 5 (lima) hari kerja setelah kontrak ditandatangani;
  3. Apabila memungkinkan, segera merealisasikan paket pekerjaan dengan nilai s.d. Rp. 200.000.000,-;
  4. KPA agar melakukan monitoring realisasi paket pekerjaan dengan nilai s.d. Rp. 200.000.000,- tersebut.
  5. Pelaksanaan Anggaran

Agar proses pelaksanaan pencairan dana di KPPN tidak terhambat, satker agar mengikuti langkah berikut :

  1. Pastikan telah menyampaikan spesimen tanda tangan, SK Pejabat Perbendaharaan dan memiliki KIPS;
  2. Segera mengajukan UP (Uang Persediaan) jika memang diperlukan;
  3. Segera mengajukan revolving (SPM-GUP) jika penggunaan UP telah mencapai 50%. Bagi satker yang terlambat mengajukan revolving UP (lebih dari 3 bulan sejak SP2D-UP diterbitkan) akan dikenakan sanksi pemotongan UP sesuai ketentuan pada PMK-190/PMK.02/2012;
  4. Pastikan perekaman NPWP dan Nomor Rekening penerima pada SPM sudah sesuai dengan copy NPWP dan copy buku tabungan;
  5. Segera mengajukan tagihan ke KPPN apabila sudah saatnya jatuh tempo termin pembayaran sesuai dengan ketentuan pasal 41 pada PMK-190/PMK.02/2012;
  6. Menyederhanakan penerbitan SPM (khususnya SPM-GUP, PTUP, dan GUP-Nihil) mengingat satu SPM tidak selalu harus satu tagihan sehingga dapat mengurangi jumlah SPM yang diterbitkan. Selama masih dalam 1 jenis belanja, 1 kegiatan, dan 1 output yang sama, tagihan untuk SPM tersebut di atas dapat digabungkan dalam 1 SPM;
  7. Maksimalkan OM SPAN sebagai sarana monitoring atas layanan KPPN kepada satker.
  8. Terkait dengan tindak lanjut atas jaminan/garansi bank yang tidak dapat dicairkan (dalam hal terjadi wanprestasi atas suatu pekerjaan pada satker), berlaku ketentuan sebagai berikut :
  • KPPN tidak akan menerima jaminan/garansi bank yang terbitkan oleh penerbit jaminan/garansi bank yang tidak dapat dicairkan tersebut untuk seluruh pekerjaan pada tahun anggaran 2016;
  • Kuasa Pengguna Anggaran bertanggungjawab atas pencairan jaminan/garansi bank dan jika diperlukan dapat berkoordinasi dengan pengacara negara untuk membantu menyelesaikan pencairan jaminan/garansi bank mengingat hal tersebut menimbulkan kerugian negara.

 

Demikian disampaikan untuk dapat dipedomani, atas kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Download S-333
641 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*