Link Pelayanan Online
omspan
e-rekon2016
hai-djpbn
setor pajak online
setor pnbp online
#SadarAPBN
#SadarAPBN
Link Tautan
Traffic Web

Pages

Pages|Hits |Unique

  • 24 jam terakhir: 0
  • 7 hari terakhir: 0
  • Bulan ini: 223
  • Sedang online: 0

web

Pada tanggal 20 Oktober 2015, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Metro mengundang seluruh KPA/PPK Satuan Kerja mitra kerjanya untuk menghadiri acara Sosialisasi Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor PER-24/PB/2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara pada Akhir Tahun Anggaran 2015. Acara sosialisasi ini digelar demi mempersiapkan satuan kerja dalam menghadapi akhir tahun anggaran 2015 yang semakin dekat, mengingat terdapat peraturan-peraturan khusus yang penting untuk diperhatikan dalam pelaksanaan anggaran Negara yang diatur dalam Perdirjen tersebut. Selain itu acara ini juga menjadi sarana diskusi antara satuan kerja dan KPPN Metro dalam memecahkan permasalahan terkait pelaksanaan anggaran.

Sosialiasi diisi oleh para pejabat eselon IV dan pelaksana dari Seksi Pencairan Dana, Seksi Bank/Giro Pos, dan Seksi Verifikasi dan Akuntansi KPPN Metro. Kepala KPPN Metro, Bapak Suwajianto juga turut hadir untuk memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi acara sosialisasi yang digelar di ruang aula KPPN Metro tersebut. Sosialisasi pertama dibawakan oleh Bapak Waluyo selaku Kepala Seksi Pencairan Dana KPPN Metro. Pada sesi ini beliau menyampaikan beberapa hal penting terkait pelaksanaan pengeluaran dan penerimaan anggaran pada akhir tahun anggaran 2015, salah satunya mengenai batas akhir penyampaian dokumen pelaksanaan anggaran untuk tahun 2015. Untuk mempermudah satker dalam mengingat batas-batas waktu tersebut dan menghindari keterlambatan, KPPN Metro juga membagikan leaflet yang berisikan tanggal-tanggal batas waktu pengajuan dokumen SPM dan data pendukungnya ke KPPN.

Sosialisasi berikutnya adalah sosialisasi Akuntansi dan Pelaporan Anggaran yang disampaikan Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi KPPN Metro, Bapak Niko. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan poin-poin penting berkaitan dengan rekonsiliasi dan penyampaian Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Bendahara, perubahan dan koreksi akun-akun UP/TUP, Penerimaan Kembali Belanja Tahun Anggaran yang Lalu, dan potongan SPM, serta langkah-langkah antisipasi Pagu Minus.

Sosialisasi terakhir dibawakan oleh Kepala Seksi Bank/Giro Pos KPPN Metro, Bapak Deni Rusdijaman, yang mengambil materi Peraturan Dirjen Perbendaharaan No. 30/PB/2014 tentang Mekanisme Penyelesaian dan Penatausahaan Retur Surat Perintah Pencairan Dana dalam Rangka Implementasi SPAN, serta materi pengenalan Modul Penerimaan Negara Generasi ke-2 (MPN-G2). Pada akhir setiap sesi, diadakan sesi diskusi dan tanya jawab dimana para KPA/PPK masing-masing satker dipersilakan menyampaikan pertanyaan atau keluhan terkait pelaksanaan anggaran, yang langsung diberi tanggapan oleh para narasumber.

Diharapkan dengan diadakannya sosialisasi ini, satuan kerja dapat lebih memahami langkah-langkah pelaksanaan anggaran pada akhir tahun, dengan demikian meminimalisasi kesalahan dan keterlambatan dalam penyampaian SPM maupun dokumen pelaksanaan anggaran lainnya.

4252 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*