Link Pelayanan Online
omspan
e-rekon2016
hai-djpbn
setor pajak online
setor pnbp online
#SadarAPBN
#SadarAPBN
Link Tautan
Traffic Web

Pages

Pages|Hits |Unique

  • 24 jam terakhir: 0
  • 7 hari terakhir: 0
  • Bulan ini: 0
  • Sedang online: 0

PENJELASAN UPDATE GPP/BPP 2014 SATKER POLRI TANGGAL 09 DESEMBER 2013

PENDAHULUAN
Pada update aplikasi kali ini hanya dilakukan update Aplikasi GPP/BPP 2014 untuk Satker Polri, tidak ada perubahan referensi apapun terkait tunjangan, sedangkan untuk Satker Polri perlu dilakukan pembaharuan aplikasi maupuan database GPP dengan jalan backup dan restore disebabkan database MyGPP satker polri yang sudah beredar masih menggunakan struktur database yang lama.
FILE UPDATE
Satker Polri : file yang harus di download ada dua yaitu :
•    AplGajiSatker_09-12-2013.exe : Aplikasi GPP / BPP versi tanggal 9 Desember 2013.
•    MyGPP_kosong_09-12-2013.exe : database MyGPP kosong.

SATKER POLRI TELAH MENGGUNAKAN UPDATE GPP VERSI 9 SEPTEMBER 2013

Untuk satker polri yang telah menggunakan update aplikasi GPP versi 9 September 2013 (update beras) – khususnya satker Pilot Project berarti aplikasi database MyGPP sudah terbaru maka proses update ini hanya menginstall file AplGajiSatekr_09-12-2013.exe saja atau merubah file Exe untuk GPP dan BPP saja pada folder C:\AplGajiSatker saja.

SATKER POLRI MASIH MENGGUNAKAN APLIKASI GPP/BPP VERSI LAMA

1.    Untuk satker Polri perlu dilakukan perubahan aplikasi lama ke dalam aplikasi baru, beserta databasenya juga, sebab satker polri saat ini masih banyak yang menggunakan database dengan struktur database yang lama. Lakukan rename folder aplikasi maupun database nya, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah :

  • Masuk ke dalam Aplikasi GPP, lalu masuk ke dalam menu Utilitas > Backup Data. Maka akan terbentuk file backup di folder C:\AplGajiSatker\Backup.
  • Rename folder C:\AplGajiSatker menjadi C:\AplGajiSatker_lama
  • Rename folder MyGPP dengan jalan memaatikan service MySQL dengan cara sebagai berikut :

a.    Masuk ke dalam folder C:\MyGPP
b.    Klik kanan file mysql_uninstall.bat, pilih run as administrator
c.    Rename folder C:\MyGPP menjadi C:\MyGPP_lama

2.    Setelah kedua folder Aplikasi tersebut direname, lakukan install Aplikasi GPP maupun database MyGPP versi 9 Desember 2013 yang barusan di download.

3.    Langkah-langkah Install :
•    Cara Instalasi Database

  • Doble klik file MyGPP_kosong_09-12-2013.exe maka akan muncul menu instalasi dengan direktori/folder tujuan di C:\ MyGPP (yang akan terbentuk secara otomatis)
  • File database aplikasi ini hanya terinstall di komputer server saja jika user menggunakan secara berjaringan, sedangkan di komputer client tidak diinstal.
  • Komputer client hanya diinstall Aplikasi GPP saja.
  • Klik tombol Extrack, sehingga file akan terekstrak pada folder   C:\MyGPP\
  • Secara otomatis Service dari datbase akan dinyalakan terlihat dari proses sbb :
  • Namun untuk memastikan bahwa database apotek ini benar-benar sudah menyala user dapat mengeceknya melalui menu Start > Control Panel > Administrative Tools > Service, pastikan bahwa service GPP dalam keadaan started.
  • Jika tidak maka user perlu secara manual untuk menyalakannya yaitu dengan membuka folder C:\MyGPP\  lalu cari file mysql-install.bat klik kanan mouse, lalu pilih Run As Administrator.

•    Cara Instalasi Aplikasi GPP

  • Doble klik file AplGajiSatker_09-12-2013.exe maka akan muncul menu instalasi dengan direktori/folder tujuan di C:\AplGajiSatker\ (folder tersebut akan terbentuk secara otomatis);
  • Klik tombol Extract, sehingga file akan terekstrak pada folder   C:\ AplGajiSatker\

4.    Setelah diinstall Aplikasi dan database yang baru, masuk kedalam Aplikasi BPP 2013, lalu masuk ke dalam menu Uilitas > Restore. Ambil file backup yang telah dibuat sebelumnya di dalam folder C:\AplGajiSatker_Lama\backup\

SETTING KONFIGURASI APLIKASI GPP/BPP SATKER POLRI

Setelah melakukan restore data tersebut, langkah selanjutnya melakukan setting konfigurasi aplikasi GPP/BPP. Sebab banyak satker Polri yang mengeluh ketika memproses gaji Nomor Gajinya Kosong, dengan muncul eror sbb ketika masuk ke dalam menu Setting > Penomoran

Untuk memperbaikinya langkah-langkahnya adalah sbb :

  1. Masuk ke dalam menu Setting > Konfigurasi, lalu pilih satker anda, lalu hapus data satker tersebut.
  2. Setelah itu direkam ulang satker anda, ada isian baru yaitu isian Propinsi, email dan nomor telepon yang wajib diisi, setelah itu diklik tombol OK. Dengan merekam ulang data satker anda maka nomor gaji akan terbentuk kembali dengan dimulai dari 000001.
  3. Masuk ke dalam menu Setting > Setting Anak Satker, lakukan default anak satker
  4. Masuk ke menu Setting > Penomoran, maka nomor gaji akan mulai dari 000001
  5. Masuk ke menu Setting > Password, lakukan perekaman untuk user PPSPM untuk aplikasi BPP, perekaman User ID dan Password tidak boleh sama antara GPP dan BPP, misalkan user ID nya ppspmpol, dan tak lupa isian pilihan diisi dengan Polri.
  6. Proses konfigurasi satker telah selesai selanjutnya adalah memeriksa perekaman data pegawai, keluarga, keluarga, nomor urut dan status kawin awal tahun. Untuk menu Pegawai > Status Kawin awal tahun dilakukan update status kawin untuk tahun 2014.
  7. Setelah menentukan status kawin awal tahun 2014 maka proses gaji induk bisa mulai dilakukan

TUNJANGAN PULAU PULAU KECIL TERLUAR DAN ATAU WILAYAH PERBATASAN
Untuk tunjangan pulau kecil terluar dan atau wilayah perbatasan untuk saat ini aplikasi ini belum bisa memproses, namun pada update berikutnya akan segera kita tambahkan ke dalam aplikasi, sebab untuk mengubahnya memerlukan tambahan waktu, sehingga untuk sementara aplikasi di release terlebih dahulu.

Download BPP Polri awal

Download PER-43/PB/2013

Download BPP Polri awal (Mirror Link)

872 Total Views 2 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*